Sejarah Multimedia
Istilah
Multimedia berawal dari theater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media seringkali disebut pertunjukan
multimedia. Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video,
synthesized band dankarya seni manusia sebagai bagian dari
pertunjukan.Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya
Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada
tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC)
dan video adapter card bagi PS/2. Sejak
permulaan tersebut,hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak
melompat ke multimedia . Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih
dari 700 produk dan system Multimedia di pasaran.Citra visual dapat
dimasukkan ke dalam system dari paket perangkat lunak yang menyatukan
digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan
scanner optic. Input audio dapat dimasukkan melalui microfon, pita kaset
dan compact disk.
Apasih
multimedia itu?
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai
media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di duniabisnis, multimedia digunakan
sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai
mediakios informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Pada
awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan
(gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan
konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup
juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman.
Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan
film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk
penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau
mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau
melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator
dapat mengirimkan hasildigitizing bau tersebut melalui internet.
Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi
bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang
setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang
dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini
menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan
melainkan aroma.
Pentingnya Multimedia
Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan menarik minat, karenamerupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Lembaga riset dan penelitian
computer, yaitu Computer Technology Reseach (CTR), menyatakan bahwaorang hanya
mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar.Tetapi orang
dapat mengingat 50 % dari apa yang dilihat dan di dengar dan 30 % dariyang di
lihat, di dengar dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangatlah efektif.Multimedia
menjadi tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih
keunggulan bersaing perusahaan.
Perkembangan Multimedia
Morgan
Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50
juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun, televisi
membutuhkan 13 tahun, TVkabel membutuhkan waktu 10 tahun
dan internet membutuhkan waktu
5 tahun.Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, maka multimediamerupakan
pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini.
Manfaat Multimedia
dalam Pembelajaran.
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan prises belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu:
1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar